Kamis, 06 Agustus 2020

Bahaya Sering Minum Obat Sakit Kepala

Hampir seluruh orang pasti pernah sakit kepala. Dan tindakan yang pertama kali dilaksanakan ketika rasa sakit itu menyerang merupakan pergi ke kios dan apotik, beli obat sakit kepala, terus obatnya diminum lalu tidur deh. Betul gak?

Sebetulnya tidak ada yang salah, tapi yang jadi pertanyaan “Apakah aman kalau terlalu acap kali minum obat sakit kepala?”

Yups, mungkin kau menganggap sakit kepala itu cuma sakit umum aja, jadi gak perlu ke dokter. Tinggal minum obat sakit kepala yang umum dipasarkan di kios-kios, nanti juga sembuh.  



Sebetulnya, ada bahaya yang mengintai kalau kau terlalu acap kali minum obat sakit kepala apalagi sampai tiap hari. Ketika kamu mengalami sakit kepala sebelah kanan atau sakit kepala sebelah kiri, bahkan migrain biasanya langsung minum obat. Berikut ini bahaya terlalu sering minum obat sakit kepala:

Menyebabkan Ketergantungan
Seandainya kau acap kali minum obat kios pas sakit kepala efeknya bisa jadi ketergantungan. Sakit kepala sedikit langsung beli obat, meskipun cuma butuh rehat saja. Ibaratnya kau ngasih sugesti ke diri sendiri “kalau gak minum obat ya gak bakal ilang sakitnya”. 

Coba deh kau ubah pola pikir seperti itu, mulai sekarang biasakan untuk minum obat seperlunya saja, jangan terlalu acap kali, ya!

Sulit Pencernaan
Kandungan bahan kimia yang terdapat pada obat sakit kepala sangat berbahaya untuk saluran pencernaan kalau dikonsumsi terus menerus. Malahan yang lebih parahnya lagi, bisa timbul pendarahan pada saluran pencernaan. Serem banget ya, pasti kau gak berkeinginan dong kejadian kayak gitu!

Gangguan Fungsi Hati
Sulit lainnya selain menyerang saluran pencernaan merupakan rusaknya fungsi hati. Sedangkan, hati itu organ tubuh yang punya peran penting seperti menetralisir racun, membatasi gula protein, dan lainnya.
Seandainya fungsi hati terganggu karenanya tubuh kau bisa menderita penyakit hepatitis atau lebih diketahui dengan sebutan penyakit kuning. 

Kerja Ginjal Menjadi Lebih Berat
Bukan cuma hati, ternyata ginjal juga mendapatkan efek yang buruk kalau mengkonsumsi obat sakit kepala tiap hari, apalagi kalau dosisnya cukup tinggi. 

Ginjal itu sendiri berfungsi untuk menyaring dan juga membuang limbah, membatasi keseimbangan air dan sel darah merah, memproduksi urin dan masih banyak lagi.

Banyaknya kandungan bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh membikin daya kerja ginjal menjadi berat. 

Sesudah memandang resiko yang dimunculkan kalau terlalu acap kali minum obat sakit kepala diatas, sebaiknya mulai kau kurangi deh untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. Sebagai pilihannya, kau bisa gunakan roll on Plossa Press&Soothe Aromatic ketika sakit kepala menyerang.

0 komentar

Posting Komentar